Selasa, 07 Juni 2016

Ramadhan dan Etos Kerja

Tak terasa bulan suci Ramadhan hanya tinggal beberapa hari, smg amal ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya diterima Allah Swt. Bercermin pada semua kisah nyata di atas, tidak sepantasnya bila pada bulan suci ini kita bermalas-malasan, tidak produktif, dan banyak tidur karena puasa. Ramadhan sejatinya mampu memicu optimisme untuk meningkatkan semangat dan produktivitas kerja. Karena pada bulan ini, kita mendapatkan suntikan energi batin yang luar biasa di samping kesehatan jasmani yang kian stabil. Tetapi, energi batin itulah sebenarnya yang lebih berperan memacu optimisme. Bahkan  Jalaluddin Rumi mengatakan, “mata hati memiliki kemampuan 70 kali lebih besar untuk melihat kebenaran daripada dua mata jasmani (indera)”.

Dengan semangat Ramadhan, mari kita balut diri kita dengan optimisme dan etos kerja. Realisasikan setumpuk konsep menjadi karya yang bermanfaat. Tinggalkan kesan klasik, bahwa banyak tidur di bulan Ramadhan sebagai ibadah. Padahal hadits Nabi SAW itu dimaksudkan bagi orang yang kelelahan setelah banyak bekerja dan beribadah. Nabi pernah mewanti-wanti kita dengan mengatakan: “Masalah yang paling aku takutkan terjadi pada umatku adalah besar perut atau hobi makan, terus-menerus tidur, kemalasan, dan lemah keyakinan” (HR. Daruquthni). Jadi, masih pantaskah kita malas, banyak tidur, dan tidak bergairah karena puasa? Masihkah kita katakan banyak tidur sebagai ibadah?

Sebagai makhluk yang sempurna dan memiliki potensi tangguh, mestinya kita mampu melahirkan karya nyata. Puasa datang justru untuk melepaskan belenggu ketidakmungkinan dan ketidakbisaan. Terus menerus bekerja, mencoba, mengulangi kegagalan, dan berlatih adalah terapinya. Kendati kita gagal, tetapi terus mencoba. Bila gagal lagi, terus saja kita semangat untuk mencoba lagi. Setidak-tidaknya kegagalan itu lebih baik dari kegagalan sebelumnya.
Inilah motivasi Allah kepada manusia: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Yang Mengetahui terhadap yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan” (QS. al-Taubah/9: 105).

Sumber : http://:azzikra.com/galeriav/article-for-smartphone
Gambar : http://www.upblackberry.com


Kami Keluarga Besar Pemerintah Desa Putat Nutug Kecamatan Ciseeng mengucapkan : Selamat Menjalankan Ibadah Puasa, mari kita tingkatkan kinerja di bulan suci ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar